Jumat, 12 Oktober 2012

Filosofi Perusahaan Siantar Top

Filosofi Perusahaan : Sistem management dan kontrol operasional perusahaan

Konsep Filosofi : 1. Target Output.
                           2. Struktur Organisasi.
                           3. Flow Proses Kerja, Job Desc, SOP, Kriteria Staffing.
                           4. Pelaporan dan Totalan pertanggung jawaban.
                           5. Kesimpulan kinerja performance.

TO : Sasaran pencapaian hasil oleh setiap unit jajaran kerja dalam struktur organisasi yang meliputi quantitative value dan qualitative value.

Quantitative Value : Hasil produksi, effisiensi, yield.
Qualitative Value : SDM.

Flow Proses Kerja : Gambaran tentang aktivitas mulai dari input aktivitas , proses aktivitas sampai output aktivitasnya.

Job Description : Uraian pelaksanaan aktivitas kerja secara rinci dan detail sehingga jelas step-step kerjanya ( termasuk job spesifikasi kerjanya ).

SOP : Parameter dan tolak ukur yang terukur dari kesuksesan suatu aktivitas / job desc, baik secara kuantitas maupun kualitas.

Kriteria Staffing : Penjelasan mengenai gambaran SDM yang cocok dan sesuai untuk ditempatkan pada posisi tertentu.

Kriteria Staffing ada 4 : 1. Skill.
                                    2. Manajerial.
                                    3. Character.
                                    4. Talenta

Skill : Kemampuan secara konseptual dan teknis dari SDM dalam memegang suatu posisi jabatan.
Yang termasuk Skill : A. Konseptual.
                                 B. Teknisi.
                                 C. Menguasai Lapangan.
                                 D. Problem Solving.

Manajerial : Kemampuan SDM dalam melaksanakan aktivitasnya berkaitan dengan hal manajerial seperti : Forecasting, Targeting, Planning, Organizing, Staffing, Coordinating, Controlling, Analysing, Evaluating, Reporting dan Presenting.

Character : Pembawaan SDM dalam bekerja contohnya : Rapi, Rajin , Tegas, Disuplin, Kritis, Jujur, Tanggung jawab, Ramah, Loyal, dll.

Talenta : bakat dan taste yang dimiliki SDM.

Format laporan yang harus dipertanggung jawabkan : Planning kerja / program kerja, Hal realisasi program kerja / Laporan hasil operasional departemant dari level ke level secara keseluruhan dan Pelaporan kinerja performance.

Urutan laporan adalah :
1. Laporan realisasi TO departement terhadap realisasinya termasuk detil penjelasannya.
2. Laporan program kerja Vs realisasi dan laporan progres-progresnya termasuk detil penjelasannya.
3. Program kerja periode selanjutnya sehubungan dengan hasil pencapaian TO maupan adanya target - 
    target  baru.
4. Laporan summary performance kinerja departement dan SDM dalam sebuah organisasi didalam struktur
    yang menunjukkan apakah staffing yang sudah ditetapkan sudah baik atau masih ada masalah, selanjutnya
    program apa yang dibutuhkan untuk penanganan hal kinerja tersebut.

Kesimpulan kinerja performance : Penjelasan hal performance dari seluruh anggota SDM yang ada didalam struktur dengan menjelaskan hal tentang evaluasi kerja per-SDM yang berkaitan dengan TO, Job desc secara kuantitatif dan perilaku atau kemampuan SDM secara kualitatifnya dan berkaitan dengan kriteria tepat staffing / tidak tepat staffing.

Konseptual : Kemampuan untuk membuat konsep, ide dan gagasan serta mengkoordinasikan dan mengintegrasikan seluruh kepentingan dan kegiatan organisasi.

Bidang Teknis : Kemampuan menggunakan peralatan-peralatan, prosedur dan metode dalam suatu bidang tertentu.

Penguasaan Lapangan : Kemampuan menangani ruang lingkup serta batasan-batasan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.

Problem Solving : Kemampuan mental dan intelektual untuk menemukan dan memecahkan masalah berdasarkan data dan informasi yang akurat sehingga dapat diambil kesimpulan yang tepat dan cermat.

Planning : Penetuan serangkaian tindakan / kegiatan termasuk didalamnya penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi.

Coordinating : Menyelaraskan tugas / pekerjaan sehingga tidak terjadi kekacauan dan saling melempar tanggung jawab dengan jalan menghubungkan, mempadu padankan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan.

Controlling : Penemuan, penerapan cara dan peralatan untuk menjamin bahwa rencana telah dilaksanakan sesuai tujuan

Monitoring : Proses pengumpulan data dan pengukuran kemajuan atas objectiv program.

Analisa : Suatu tindakan yang dimulai dari proses awal didalam mempelajari serta mengevaluasi suatu bentuk permalahan ( case ) yang ada.

Evaluasi : Menilai kontribusi program terhadap perubahan ( goal / objectiv program ) serta menilai kebutuhan perbaikan, kelanjutan dan pengembangan program.

Reporting : Penyampaian hasil pekerjaan baik secara tertulis / lisan.

Pro aktif : Bertindak melebihi yang dituntut oleh pekerjaan melalui sesuatu tanpa mendapat perintah terlebih dahulu. Tindakan dapat berupa perbaikan / meningkatkan hasil pekerjaan, mencegah timbulnya masalah dan menciptakan sesuatu / peluang yang baru.

Tanggung jawab : Perbuatan / tingkah laku sebagai bentuk suatu kesadaran akan kewajiban.

Jujur : Mengakui, berkata atau memberikan informasi sesuai dengan kenyataan dan kebenaran.

Tegas : Mengatakan dengan pasti, tentu dan tanpa ragu-ragu.

Disiplin : Ketaatan / kepatuhan terhadap peraturan atau tata tertib dsb.

Cekatan : Cepat mengerti dan mahir melakukan sesuatu.

Teliti : Berhati-hati dan tidak gegabah dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

Konsisten : Melakukan suatu tindakan secara terus menerus dengan tekun dan benar tanpa keluar jalur / batasan-batasan yang telah ditetapkan serta sesuai ucapan yang telah dilontarkan.


Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews